Kurikulum Pelatihan

KURIKULUM
PELATIHAN ONLINE PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI INFORMASI
BAGI KEPALA, PUSTAKAWAN, DAN TENAGA PENGELOLA
PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MADRASAH

 

LATAR BELAKANG

 

Kompetensi literasi informasi merupakan keterampilan esensial di abad digital bagi pengguna perpustakaan akademis yang terdiri dari guru dan siswa. Apalagi saat ini dunia persekolahan dibanjiri dengan masuknya generasi digital native. Siswa dengan digital native memiliki karakteristik yang berbeda dalam memilih sumber media pencarian dan menggunakan informasi. Mereka sangat terampil dalam memilih gadget dan memanfaatkannya untuk menelusur dan menggunakan informasi yang dibutuhkan, namun secara umum masih rentan dengan kebenaran informasi yang mereka dapatkan. Fenomena ini menambah panjang tugas dan tututan yang harus diemban oleh para pengelola perpustakaan.

Pengembangan kemampuan literasi informasi merupakan sebuah life skill yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh tenaga pengelola perpustakaan. Jika ditelusur lebih dalam akan didapati penyebab dari rendahnya kemampuan literasi informasi yaitu kurang tersentuhnya kompetensi dari tenaga pengelola perpustakaan oleh kebutuhan literasi informasi dari kurikulum pendidikan perpustakaan dan yang terjadi juga belum adanya sinergi dari pemerintah dan persekolahan untuk mengembangkan sumber daya manusia di perpustakaan untuk mengelola kemampuan tersebut.

Sedianya di setiap sekolah memiliki pustakawan/tenaga pengelola perpustakaan yang secara berkala berupaya untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan literasi informasi kepada para pemustakanya, untuk itulah peneliti mencoba mengembangkan sebuah bentuk pelatihan yang dikemas secara online untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

DESKRIPSI PELATIHAN

 

Pelatihan ini dilakukan secara komprehensif, praktis, dan tanpa biaya untuk para pesertanya. Dibutuhkan kesungguhan dan kesabaran dalam mengembangkan diri para pengelola perpustakaan sekolah untuk memiliki kompetensi literasi informasi yang tersertifikasi Prodi Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan pelatihan dilakukan secara online yang diharapkan tidak mengganggu aktivitas pelayanan perpustakaan di sekolah namun sekaligus tidak terkendala jarak, ruang, dan waktu untuk dapat mengembangan diri untuk memiliki kemampuan tersebut.

Pelatihan ini dikemas dalam tiga puluh jam pelatihan dan dilakukan selama dua minggu efektif bekerja untuk memenuhi standar kualifikasi minimum pelatihan, di mana kegiatan pelatihan dilakukan secara mandiri dengan berbantuan koneksi internet untuk akses informasi dan materi pelatihan.

 

TUJUAN UMUM PELATIHAN

 

Peserta pelatihan diharapkan memiliki kemampuan dalam memahami secara komprehensif tentang konsep literasi informasi, merancang sebuah media berbasis teknologi informasi untuk kebutuhan promosi dan penyebaran informasi perpustakaan sekolah, dan memberikan bimbingan literasi informasi bagi pemustaka di sekolah.

 

APA YANG PESERTA PEROLEH?

 
  1. Pengetahuan teoritis dan praktis secara komprehensif tentang konsep keilmuan literasi informasi dan arah penerapan literasi informasi di persekolahan;
  2. Dilakukan pengukuran secara berkala sebagai bentuk kegiatan evaluasi, sehingga setiap capaian kompetensi dari setiap materi terlihat dan terekam menjadi hasil belajar para peserta pelatihan;
  3. Diberikan sertifikat pelatihan yang dilegalisasi oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia untuk setiap peserta yang lulus dalam kegiatan pelatihan ini dengan pemenuhan kriteria capaian setiap materi pelatihan;
  4. Akses materi dan kegiatan pelatihan disiapkan secara online sehingga peserta dapat belajar interaktif, fleksibel, dan mandiri.
 

TEKNIS PENDAFTARAN PESERTA

 
  1. Peserta harus memiliki akun untuk login dan passwordnya dari web pelatihan online untuk masuk dan terdaftar menjadi peserta pelatihan, akun akan diberikan oleh petugas administrasi pada saat registrasi peserta di inisiasi pelatihan yang dilaksanakan secara tatap muka di UPI;
  2. Peserta yang sudah memiliki akun dan terdaftar akan memperoleh seluruh kelengkapan materi, tes pelatihan, dsb;
  3. Peserta diharapkan memiliki alamat kontak melalui e-mail untuk melakukan aktivitas pelatihan.
 

STRUKTUR MATERI DAN JADWAL PROGRAM

 

Kegiatan pelatihan selama dua minggu efektif dimulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2013 untuk Kota Bandung, selanjutnya tanggal 2 September sampai dengan 13 September 2013 untuk Kabupaten Bandung, dan tanggal 16 September sampai dengan 27 September 2013 untuk Kota Cimahi, dibagi dalam dua sesi per satu minggu dengan rincian sebagai berikut:

 

 

PENUTUP

 

Demikian seluruh rangkaian pelatihan ini disusun untuk dapat dilaksanakan oleh peserta pelatihan bersama-sama dengan tim pelatih sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal dalam meningkatkan kompetensi literasi informasi pengelola perpustakaan sekolah.

 
 
© 2013 Prodi Perpustakaan dan Informasi
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
Jln. Setiabudhi 229 Bandung 40154 Telp. (022) 2013163 Ext. 4311 Faks. (022) 2000021